Rabu, 19 Oktober 2016

Tips Cara Merawat Boneka Yang Baik dan Benar

     Boneka adalah suatu mainan yang paling tua yang banyak dimainkan oleh anak-anak. Makin bertambahnya usia bumi ini semakin maju pula perkembangan zamannya, jadi semakin menarik dan unik pula mainan anak yang bernama Boneka ini. Sudah banyak boneka yang diciptakan oleh tangan tangan manusia.
Seiring bertambahnya waktu pun boneka ini popularitasnya tidak pernah habis ditelan oleh zaman.
Anak-anak sangat menyukai mainan ini terutama pada para anak perempuan mereka tak henti-hentinya mengoleksi berbagai macam boneka kesukaannya.


Namun, dalam kain dan bahan yang digunakan boneka bisa menimbulkan kuman-kuman yang mungkin akan menimbulkan berbagai macam penyakit. Oleh karena itu kita harus merawatnya dengan baik. Apalagi boneka biasanya bersentuhan langsung dengan anak-anak yang memang rentan terkena penyakit maka dari itu sebelum banyak hal yang tidak diinginkan dapat terjadi, lebih baik kita mencegahnya. Boneka harus juga mendapat perawatan dari sang pemiliknya, bukan berarti harus diberi makan, tetapi dengan cara menjaga kebersihan boneka tersebut agar kuman-kuman yang menempel bisa di sterilkan kembali.

Untuk itu Kerpur akan memberikan sedikit tips-tips untuk merawat boneka kesayangan kalian :



A. Menghilangkan kotoran atau debu
Apabila boneka sahabat kotor atau berdebu, cara untuk menghilangkan debu atau kotoran pada tubuh boneka, tak perlu dengan mencucinya.
1. Cukup usap bulu-bulu boneka dengan kain yang sudah dibasahi dengan air hangat. Setelah bersih, sisir dengan rapi bulu-bulu boneka tersebut dengan sisir yang sudah tak terpakai .
2. Cara yang lebih praktis adalah menggunakan vacuum cleaner. Selain praktis, penggunaan vacuum cleaner ini juga relatif lebih menghemat waktu. kamu bisa melakukan perawatan ini lebih sering agar boneka kamu lebih terawat serta selalu tampak bagus. Paling tidak satu minggu sekali ini bisa dicoba dirumah kalian masing-masing tidak perlu terlalu jauh untuk pergi kerumah perawatan.

 B. Menghilangkan noda
Apabila boneka kesayangan sobat terkena noda atau bercak. Cukup dengan menggunakan cara:
1. Perhatikan label yang ada pada boneka. Bila pada label tertulis bahwa boneka bisa dicuci dengan mesin cuci, maka kamu masukan terlebih dahulu boneka ke sarung bantal lalu diikat setelah itu masukan ke mesin cuci dan keringkan menggunakan pengering pada mesin cuci. Bila bonekanya ada yg sobek lebih baik dijahit terlebih dahulu khawatir ketika di cuci nanti kapas yang ada didalam tubuh bonekanya keluar(brodol). Setelah dikeringkan di mesin cuci lalu jemur boneka, sambil boneka dijemur rapikan bulu bonekanya lalu diatur biar saling menempel bulunya.
2. untuk lebih baiknya jangan jemur boneka dibawah panas terik matahari khawatir warna boneka jadi memudar.
3. Bila ternyata boneka tidak boleh dicuci menggunakan mesin cuci, kamu bisa malakukan dengan cara lain salah satunya menggunakan soda kue. Caranya, masukkan boneka ke dalam tas kertas (paper bag), kemudian taburi dengan soda kue secukupnya. Guncang-guncangkan ke kiri dan ke kanana tas kertas tersebut sehingga soda kue menempel rata pada tubuh boneka. Diamkan selama kurang lebih satu jam. Kemudian bersihkan dengan handuk atau lap kering yang lembut.
4. Untuk boneka tua lakukan pembersihan dengan cara menggunakan baking soda. Penggunaan Softener dapat membahayakan warna asli boneka, hindari penggunaan softener atau pelembut pakaian karena dapat melunturkan warna boneka. Untuk boneka yg kusut setelah di bersihkan, gunakan tangan untuk
merapikannya atau gunakan sisir yg jarang dan tipe lurus, bukan tipe brush agar bulu pada boneka kembali lembut seperti semula.


sumber : http://www.pabrikbonekaniki.com/
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar