Rabu, 02 November 2016

Berbagai Macam Boneka dari seluruh dunia

     Boneka saat ini sangat populer di berbagai kalangan masyarakat, berbagai bentuk boneka dari mulai boneka lucu berbagai bentuk, boneka barbie dan berbagai boneka lainnya ada di pasaran. Tapi tahukah kamu ternyata boneka mempunyai sejarah yang sangat panjang hingga berkembang seperti sekarang ini, tidak seperti boneka lucu dengan berbagai bentuk seperti sekarang, boneka jaman dahulu lebih mengambil bentuk manusia sebagai ciri khasnya.


     Tidak sampai di situ ada beberapa boneka yang sekarang di buru kolektor dan di jual hingga milyaran rupiah, mau tau berbagai Macam Boneka dari seluruh dunia? Yuk kita keliling dunia untuk melihat boneka-boneka unik ini.


- Boneka Bisque ( Perancis ) 

Boneka Bisque

     Boneka ini berasal dari benua Eropa tepatnya di negara Perancis dan Jerman, tidak seperti boneka pada umumnya boneka ini di buat dari bahan porselain. Ciri khas dari boneka bisque ini adalah bentuknya yang selalu berupa manusia yang di buat sedemikian rupa sehingga terlihat realistis, mulai dari pakaian, sepatu dan rambut. Jadi kamu tidak akan menemukan boneka Bisque yang berupa hewan ataupun dalam bentuk boneka lucu lainya. Boneka ini sangat populer di eropa pada tahun 1860 sampai perang dunia I. Saat ini boneka Bisque masih di produksi, tetapi ada beberapa boneka yang menjadi barang koleksi, khususnya yang berasal dari tahun 1900an, tercatat boneka Bisque termahal yang pernah di jual mencapai angka 242.500 Poundsterling atau setara dengan 4,7 Miliar rupiah!


- Boneka Karakuri ( Jepang ) 

Boneka Karakuri

     Karakuri Puppets atau boneka Karakuri merupakan boneka tradisional dari jepang. Dari luar bentuk boneka ini menyerupai orang dengan baju dan rambut seperti aslinya, tetapi yang unik ternyata boneka ini bisa bergerak dengan sendirinya. Kok bisa? Karena di dalam boneka karakui ini terdapat mekanisme penggerak seperti robot. Kata Karakuri sendiri berati “Mekanik” atau “Trik”, boneka karakuri ini pertama kali di ciptakan pada abad ke 17 dan konon boneka karakuri ini merupakan cikal bakal robot modern.


- Boneka Barbie ( Amerika ) 

Boneka Barbie
     Kali ini kita pindah ke benua Amerika tepatnya di Amerika Serikat, ada sebuah boneka yang sangat ikonik dari negara ini, dialah boneka Barbie. Barbie sendiri merupakan merek dagang dari oneka yang di buat oleh Mattel, Inc. Boneka ini pertama kali di kenalkan pada tahun 1959 dan langsung mendapat respon yang sangat baik di pasar Amerika. Selang bertahun-tahun lamanya boneka ini semakin di gemari dan sudah di ekspor ke berbagai belahan dunia. Setiap beberapa tahun boneka barbie ini di keluarkan varian baru dengn berbagai tema, misal seperti tema pantai, kanto dan sebagainya. Saking banyaknya yang jatuh cinta dengan boneka ini ada seorang wanita bernama Bettina Dorfmann yang mengkoleksi 15.000 boneka barbie dan tercatat dalam buku Guiness Book Of Record sebagai koleksi boneka Barbie terbanyak.

- Boneka Hina ( Jepang )
 
Boneka Hina

     Terdengar aneh di telinga? Jangan salah Boneka yang berasal dari negara Jepang ini sudah mulai di buat sejak 1000 tahun yang lalu dan masih menjadi tradisi sampai sekarang. Boneka Hina sendiri sebenarnya bukan boneka yang bisa di buat bermain sehari-hari, melainkan di gunakan hanya pada saat perayaan Hinamatsuri atau hari anak perempuan di Jepang. Boneka ini biasanya di jual satu set dan di jadikan pajangan lengkap dengan tangga dan karpet merah pada waktu Hinamatsuri, lalu boneka ini di susun sedemikian rupa di tangga tersebut, penyusunan boneka ini berdasarkan tingkat jabatan dalam kerajaan di Jepang.


- Boneka Matryoshka ( Rusia )

Boneka Matryoshka

     Mungkin sudah banyak dari kamu yang pernah melihat boneka ini hanya tidak mengetahui namanya. Boneka Matryoshka berasal dari Russia, ciri khas dari boneka ini adalah mempunyai bentuk sama dalam ukuran yang semakin mengecil, tiap-tiap boneka yang lebih kecil bisa di masukkan dalam btubuh boneka yang lebih besar, unik bukan? Boneka ini sudah di ciptakan lebih dari 100 tahun yang lalu oleh Vasily Zvyozdochkin dan Sergey Malyutin. Biasanya boneka ini terbuat dari kayu yang di pahat dan di cat menggunakan tangan. Sebagai tambahan untuk kamu yang senang menonton film, format film Matroska ( MKV ) mengambil nama dari boneka ini, yang berarti mampu menyimpan berbagai content dalam satu format video.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar