Rabu, 02 November 2016

Dampak Positif Bermain Boneka untuk Anak Perempuan

     Secara alami anak perempuan akan menyukai mainan yang sesuai dengan karakternya sebagai perempuan. Anak perempuan lebih senang bermain boneka daripada bermain sepak bola. 


     Permainan anak perempuan yang populer adalah bermain boneka barby atau boneka bayi lengkap dengan perlengkapannya seperti sisir, selimut, alat makan, alat rias, dan baju boneka. Permainan ini memiliki dampak positif bagi anak. Beberapa dampak positif dari permainan anak perempuan yang satu ini adalah:




  1.  Anak dapat mengembangkan imajinasinya.
  2. Dengan bermain boneka anak dapat belajar hal-hal yang baru seperti meggunakan kloset dengan benar, mencuci tangan sebelum makan, dan sebagainya. 
  3. Anak belajar berempati pada sesamanya, ia akan memperlakukan boneka persis seperti apa yang dilakukan bunda kepadanya. 
  4. Anak akan belajar mengenai gerak dan tumbuh, suatu saat iya akan menanyakan kenapa boneka manusia yang dimainkannya tidak bergerak dan tidak tumbuh. Pada saat itu bunda harus bisa menjelaskannya dengan sangat sederhana dan dapat dipahami oleh anak. 
  5. Anak akan menganggap boneka sebagai teman yang paling menyenangkan baginya. Ia akan mengajaknya ngobrol dan menyampaikan beberapa rahasia yang tidak diketahui oleh bunda. 
  6. Anak dapat mengungkapkan apa yang dia rasakan pada boneka. Misalnya, ketika anak merasa senang maka ia akan memeluk dan mencium boneka, tetapi pada saat ia merasa kesal atau marah ia akan memarahi boneka tersebut. Hal ini baik untuk mengembalikan suasana hati si anak. 
  7. Dengan keanekaragaman boneka, seperti warna kulit, warna rambut, bentuk rambut, bentuk mata, anak dapat belajar mengenai keragaman suku, ras, suku bangsa, dan bangsa.
     Nah itulah tadi beberapa hal positif dari bermain boneka, bunda. Agar anak bisa terus belajar dengan boneka kesayangannya, bunda harus perhatikan juga kebersihan bonekanya yah, karena bisa saja si anak membawa boneka nya saat bermain pasir. Dengan rinso anti noda, semua noda hilang dalam sekejap, boneka tetap bersih dan aman menemani hari-hari si buah hati.



Sumber : http://www.kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar